- Kebersihan
Faktor
utama yang sangat penting diperhatikan oleh pelanggan sebuah restoran adalah
kebersihan, baik tempat, ruangan, lingkungan, peralatan maupun makanan dan
petugas pelayanan.
2. - Keserasian
Suasana
tempat makan, peralatan dan dekorasinya harus serasi yang akan membuat selera
makan pelanggan menjadi meningkat dan loyal.
3. - Keseimbangan
Luasnya
ruangan dan kecermatan pemilihan perabot yang digunakan akan menciptakan
keseimbangan dan mempengaruhi suasana yang nyaman sehingga menambah loyalitas
pelanggan.
4. - Pusat perhatian
Display
makanan yang tertata rapi dan bersih merupakan salah satu daya tarik pelanggan.
Disamping itu tatanan rangkaian bunga di atas meja makan juga menjadi pusat
perhatian yang membuat semarak dan gairah nafsu makan.
5. - Ketepatan
Penempatan
perabot yang tepat akan memberikan kenyamanan bekerja bagi petugas pelayanan.
Tepat juga dalam menciptakan suasana yang diinginkan pelanggan, termasuk dalam
penyajian makanan dan peralatan yang digunakan.
6. - Keindahan
Penataan
yang rapi tidak saja menjadikan kenyamanan tetapi juga menciptakan keindahan,
apalagi bila ditambah dengan sebuah rangkaian bunga ditengah meja, sehingga
memberikan kesegaran alami dan membuat kesan romantisme.
Disamping prinsip-prinsip dasar
tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun hal-hal yang
mendukung keberhasilan pelaksanaan penataan dan pelayanan makanan yang baik,
meliputi:
1.
Pramusaji yang professional
Pramusaji
adalah orang yang paling dekat dengan tamu di ruang makan, bertugas membantu
dan melayani tamu selama menikmati makanan dan minumannya. Materi pramusaji
akan disajikan pada Modul Tata Hidang.
2.
Tempat dan peralatan yang tepat
3.
Menu yang disediakan
4.
Kerjasama yang baik dengan bagian
terkait
Materi
ini akan disajikan dalam Modul Tata Hidang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar